Dikarenakan situs jejaring sosial ini merupakan area publik, oleh karenanya memiliki etika-etika yang mau tidak mau harus diikuti oleh setiap member di situs jejaring sosial. Etika-etika ini bukan suatu TOS (Terms of service) yang wajib dipatuhi oleh setiap member. Namun melainkan suatu jalan atau cara apabila kita ingin mendapatkan kenyamanan dalam pertemanan.
Berikut ini adalah rambu-rambu atau etika dalam situs jejaring sosial seperti Facebook, tweeter, MySpace, B2bLocal ataupun Kombes (situs jejaring sosial terbesar made in Indonesia) :
  • Sopan
    Dunia maya dalam arena situs jejaring sosial diibaratkan suatu arena dalam dunia nyata, ketika kita mulai berkenalan, menyapa dan selanjutnya berinteraksi, faktor kesopanan menjadi kunci kelanggengan dalam menjalin pertemanan. Tak jarang adanya aktifitas Remove, Blockir ataupun Unfollow akibat dari perilaku kesopanan.
  • Memiliki Batasan dalam Berekspresi
    Terkadang apabila kita sudah merasa enjoy dan asyik dalam suatu pertemanan, dimungkinkan kita untuk melakukan curhatan ataupun membuka rahasia pribadi, baik itu pribadi diri sendiri ataupun pribadi orang lain, atau bahkan berkomentar terlalu “Lebay”. Disini kita harus bisa berhati-hati agar apa yang kita lakukan dapat menimbulkan ilfill dari orang lain terhadap diri kita.
  • Batasi Keluhan yang Dapat di Ketahui Publik
    Ketika memiliki suatu masalah yang memang dirasa cukup berat dan tak mampu kita atasi, kita harus bisa mencegahnya agar tak tertumpahkan di wall ataupun diarea publik secara vulgar, buatlah suatu ilustrasi yang halus untuk mengkiaskan ataupun membiaskan rasa kekesalan atas suatu permasalahan yang sedang di hadapi.
  • Pro aktif dalam Komunikasi
    Ini merupakan faktor penting dalam situs jejaring sosial dimana kita dituntut mampu menjalankan aktifitas komunikasi yang lugas, dan terkesan tidak monoton, mampu mencerahkan suasana disaat teman kita dirasa sedang mengalami kejenuhan.
  • Hargai usaha orang lain
    Terkadang pula kita sering mengutip suatu ungkapan, stat, posting website, note ataupun tweet. Usahakan kita memberikan ekspresi penghargaan bahwa apa yang kita tuangkan merupakan kutipan dari seseorang, semisal menuliskan RT (ReTweet) kalau di situs jejaring sosial tweeter.

     Sumber : http://blog.mdp.ac.id/gawehade/etika-dalam-situs-jejaring-sosial.html